unggulan

BANTUAN PEMERINTAH JEPANG DI BULAN 6 TAHUN 2024

3 Alasan Bangunan Di Jepang tahan Gempa

Kalau kita bicara tentang negara Jepang ,mungkin dari teman -teman semua sudah pasti tau sedikit tentang negara jepang.kalau dari segi sejarahnya Jepang adalah negara yang pernah menjajah negara Indonesia .kalau dari sisi tata letaknya,Kepulauan jepang di lalui gunung berapi di bawah laut.maka tak jarang kalau di jepang setiap harinya terjadi gempa.kalau dari sisi manusianya,masyarakat Jepang adalah masyarakat yang disiplin dan memiliki nilai moral yang tinggi.nah mungkin penjelasan di atas adalah sedikit contoh dari negara Jepang .
        Kalau teman -teman pernah pergi ke Jepang atau pun liburan ke Jepang ataupun kerja di Jepang ,pasti tidak lagi asing dengan yang namanya gempa.di Jepang hampir setiap hari terjadi gempa.kalau setiap hari terjadi gempa,apakah bangunannya tidak rusak????
Mungkin pertanyaan yang di atas muncul di kepala kita semua.tapi disini saya akan menjelaskan sedikit tentang bangunan Jepang.
Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan 3 alasan mengapa bangunan Jepang tahan terhadap gempa!

1.bangunan Jepang menggunakan besi beton yang besar dan banyak dalam membangunnya .
      Apartemen di Jepang hampir semuanya menggunakan bahan besi beton dalam pembuatannya .baik dari pondasi hingga keseluruhan bangunannya .terutama pada bagian tiangnya menggunakan besi beton yang yang lumayan besar ,kira kira 5cm.
Kalau untuk rumah rumah di Jepang walau pun terbuat dari kayu,tapi untuk pondasinya menggunakan besi beton.
Gambar di bawah ini adalah contoh bangunan di Jepang .


2.bangunanya keseluruhan tidak tersambung.
      Bangunannya keseluruhan tidak tersambung.maksudnya di sini untuk mengurangi kerusakan saat terjadi gempa .
Jadi pada bagian -bagian tertentu ada bagian yang tidak terhubung dengan yang lain.bagian yang biasanya tidak terhubung adalah bagian tiang dan dinding bangunan itu sendiri.biasanya pada bagian yang tidak terhubung ini di pasang Suritto(kalau bahasa jepangnya)dan pemasangan suritto ini selalu sama pada setiap tingkatnya.
Gambar di bawah ini adalah  gambar suritto dan tempat pemasanganya.




3.bangunan di Jepang terbuat dari beton(semen)



       Di Jepang bangunan apartemen sebagian besar terbuat dari beton.mungkin kalau di Indonesia kita biasa menggunakan bata,tapi kalo di Jepang berbeda.karna di Jepang selalu terjadi gempa maka penggunaan bata tidak lagi di ijinkan.jadi kalau gempa yang bersekala 7,maka bangunan di Jepang tidak akan terjadi kerusakan yang berat.3 alasan ini lah yang menurut saya menjadi alasan mengapa bangunan di Jepang kuat-kuat.
Sekian penjelasan dari saya.kalau teman teman punya pertanyaan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Comments