unggulan

BANTUAN PEMERINTAH JEPANG DI BULAN 6 TAHUN 2024

Informasi tentang Topan di Jepang yang Perlu Diketahui Bagi Anda yg tinggal di Jepang

Inilah beberapa hal tentang topan yang perlu anda ketahui bagi Anda yang tinggal di jepang.angin topan akan terjadi pada musim panas sampai musim gugur.
                  Topan adalah pusaran angin berkecepatan tinggi yang terbentuk di perairan dekat Jepang. Biasanya topan terjadi antara bulan Juli hingga Oktober dan pergerakannya disertai angin kencang maupun hujan. Topan memiliki beberapa nama lain, misalnya di wilayah Samudera Atlantik bagian utara dan timur yang berada di 180 derajat Bujur Timur disebut dengan “hurricane”, sedangkan di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik Selatan disebut “cyclone”.



                   Sepanjang tahun rata-rata terjadi topan sebanyak 26 kali, kira-kira 11 di antaranya melintas di dekat wilayah Jepang dan ada sekitar 3 topan yang masuk ke daratan Jepang. Kebanyakan topan yang efeknya dirasakan penduduk Jepang terbentuk di selatan garis lintang lalu bergerak maju searah jarum jam dengan membentuk kurva parabola. Ada juga topan yang bergerak menuju Filipina bagian barat atau rutenya tidak stabil akibat pengaruh tiupan angin di atmosfer.
                    
CARA MEMBERI NAMA ANGIN TOPAN DI JEPANG.
                  Mungkin kalo teman-teman yang tinggal di jepang,saat Anda melihat TV tentang taifu,maka Anda Akan mendengar nomor setelah kalimat Taifu , apakah Anda tau mengapa selalu ada nomor yg di cantumkan setelah kata Taifu ?
Klo bagi Anda yg belum tau,kali ini sedikit saya akan jelaskan.
 topan yang pertama kali terbentuk setiap tahun dinamai topan nomor 1, selanjutnya disebut dengan nomor 2, lalu nomor 3 sesuai urutan terjadinya. Topan dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu “kekuatan (kuat, sangat kuat, dahsyat)” dan “ukuran (besar, raksasa)”. Kedua kategori itu kemudian digunakan untuk mendeskripsikan topan itu, misalnya “topan raksasa nomor 5 yang sangat kuat”.
Jadi misalnya 28-9-2018 ,angin topan nomor 24 menerjang Jepang .jadi topan yg terbentuk selama tahun 2018 sampai tanggal yg tertulis di atas jumlahnya ada 24,baik angin topan yang besar dan kecil.
Apakah semua angin topan itu melintasi Jepang ?
Jawabanya tidak.tidak semua melewati Jepang .ada yang ke arah Taiwan ,Hongkong China,dan pilipina.
Seperti itulah pemberian nama angin topan di Jepang ,semoga Anda bisa mengerti dan tidak bingung lagi.



Comments