unggulan

BANTUAN PEMERINTAH JEPANG DI BULAN 6 TAHUN 2024

7 Kebiasaan yang tidak boleh di lakukan di jepang,klo melakukanya di anggap tak beretika.

1.meletakkan sumpit secara partikal.
             Ketika di tengah makan ingin meletakkan sumpit, jangan tancapkan sumpit secara vertikal di atas mangkuk nasi atau kamu bakal dianggap kasar. Hal ini menyimbolkan atau mirip dengan apa yang mereka lakukan saat upacara pemakaman seseorang. Jika ingin berhenti makan sejenak, baiknya letakkan sumpit di tatakannya di samping mangkuk.
2.jangan memakai sepatu di dalam rumah 
             Orang Jepang memang terkenal suka kebersihan. Sehingga ketika kamu berkunjung ke rumah seseorang, sepatu harus langsung dilepas begitu melewati pintu masuk dan menggantinya dengan sandal khusus rumah.
Hal ini juga berlaku di beberapa tempat umum di Jepang, seperti sekolah, kuil, rumah sakit, hingga restoran. Biasanya mereka akan memasang tanda jika pengunjung diharuskan berganti alas kaki. Beberapa di antaranya juga memiliki sandal khusus untuk masuk ke toilet, jadi taatilah peraturan tersebut meski rasanya asing.

3.disiplin mengantre
            Jepang dan warganya sangat terorganisir. Jangan kaget kalau melihat antrean dan barisan yang rapi hampir di seluruh tempat umum, seperti di stasiun kereta, halte bus, hingga di depan eskalator. Jangan sekali-kali memotong antrean alias berebut ketika masuk ke dalam kereta atau bus. Begitu kendaraan sampai, maka tunggu hingga penumpang turun sebelum bergantian masuk. 

4.membuang ingus di tempat umum




             Kamu bakal dianggap sangat tidak sopan kalau ketahuan buang ingus di tempat umum, meski suasananya sedang tak begitu ramai. Coba cari toilet terdekat atau menepi ke tempat yang tidak ada orang. Biasanya orang Jepang memakai masker saat flu karena tak ingin tertular virus, terutama saat musim dingin.

5.memberi tip untuk pelayan
           Di Indonesia, kita kerap memberikan tip kepada pelayan sebagai bentuk penghargaan atas servisnya yang baik. Namun di Jepang, hal tersebut justru dianggap sebagai penghinaan. Kalau kamu meninggalkan tip di atas meja sekali pun, pelayan akan mengejarmu dan mengira kamu lupa mengambil kembalian. 
Saat naik taksi, biasanya para sopir akan menolak kalau pembayaran dibulatkan. Sebisa mungkin mereka akan mencari kembalian sesuai dengan tagihan yang dibebankan.

6.jangan menelepon di transportasi umum
             Ketika berpergian dengan transportasi umum seperti kereta atau subway, banyak orang sibuk menggunakan ponsel mereka secara diam-diam. Hanya sebatas untuk mengirim teks, mendengarkan musik, menonton video, atau membaca buku online
Kamu bakal sangat jarang melihat ada orang Jepang ngobrol di telepon saat berada di tempat umum atau dalam kendaraan. Hal tersebut dianggap bisa menganggu ketenangan orang lain.

7.jangan memberi dan menerima satu tangan
             Warga Jepang selalu menggunakan dua tangan untuk menerima atau memberi sesuatu. Sekali pun benda kecil seperti kartu nama, barang belanjaan, hingga uang tunai. Oleh sebab itu, saat kita membeli sesuatu di coffee shop, orang cenderung meletakkan uang tunai di nampan kecil di sebelah kasir, dibanding memberikannya langsung kepada petugas.
   Jadi bagi anda yang baru datang travel ke jepang hindarilah 7 hal di atas,karna dianggap tidak sopan.selain ke-7 hal di atas masi banyak hal-hal lain yang di anggap tidak sopan klo di lakukan di jepang.hal yang lain tersebut akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Comments