unggulan

BANTUAN PEMERINTAH JEPANG DI BULAN 6 TAHUN 2024

Sisi positif dan negatif kerja di genba(lapangan)di jepang

Halo,jumpa lagi dengan saya,kali ini sedikit saya ingin curhat atau berbagi pengalaman untuk teman-teman yang ingin bekerja ke jepang ataupun untuk teman -teman yang ingin mengetahui suasana kerjaan di jepang.
Saya datang pertama kali kejepang tahun 2010. Pertama kali sampai di jepang banyak hal yang belum saya mengerti.yang saya tahu cuma bekerja,ya karna tujuan datang kejepang cuma untuk kerja ya.jenis kerjaan yang saya terima ialah katawaku daikku,salah satu jenis kerjaaan genba(kerja di lapangan).maklum apa itu katawaku juga belum saya tahu.saat di pelatihan cuma di bilang pemasangan cetakan beton.dan bagai mana situasi kerja di genba juga saya juga belum punya gambaran sama sekali.begitu waktu terus berjalan,dan sedikit demi sedikit ilmu yang di peroleh bertambah.oke di sini akan saya jelaskan sedikit gambaran kerja di genba(lapangan )di jepang.
               Kerja di genba(lapangan)itu ada enak dan tidak enaknya.
Kita akan membahas yang tidak enaknya.

1.Tidak Enaknya
               Pertama yang namanya kerja di lapangan itu tempat kita tinggal dan tempat kita kerja jauh,dan tempat kerjanya tidak selalu sama,karna tempat kerjanya jauh jadi harus bangun cepat.biasanya untuk pergi ketempat kerja selalu menggunakan mobil bersama teman kerja lainnya.jadi kalau seperti saya harus sudah setanby di perusahaan jam 6.00 pagi.kerjaanya di mulai dari jam 8.00 pagi.jadi biasanya berangkat ketempat kerja sekitar jam 6.20 menit pagi,sampai di tempat kerja tergantung jarak tempat kerjanya,semakin jauh tempatnya semakin lama nyampainya.kalau tempat kerjanya jauh biasanya mobilnya masuk jalan tol.



                 Yang tidak enaknya selanjutnya adalah saat pulang,biasanya selesai kerja jam 5.00 sore.kalau tempat kerjanya jauh pasti pulangnya juga semakin lama.biasanya waktu yang di butuhkan saat pulang dan saat pergi ketempat kerja berbeda.waktu saat pulang sedikit lebih panjang karna selalu di landa macet baik di jalan biasa atau naik tol sekalipun.kalau lagi apes bisa sampai tempat tinggal jam 7 .00malam atau pun jam 8.00malam.
                Yang tidak enaknya lagi,yang namanya datang kejepang kan untuk kerja nyarik duit,tapi kalau kerja di genba tidak ada lembur,jadi cuma nerima gaji pokok saja.jadi selama kerja di jepang sudah bisa di perkirakan berapa yang akan di terima selama 3tahun.menurut saya inilah sisi tidak enaknya kerja di lapangan di jepang.



2.sisi baik(Enaknya)
                  Kali ini dari sisi baiknya ialah kalau kerja di lapangan waktu itu tidak terasa,karna sangkin sibuknya kita tidak akan merasakan jenuh,jadi bisa di bilang waktu terasa cepat berjalan.sisi yang lainnya kalau kerja di lapangan penguasaan bahasa kita akan meningkat.jadi kalau anak genba(lapangan)akan memiliki kemampuan percakapan yang lebih bagus dari yang bekerja di pabrik.jadi kalau kerja di lapangan memang yang di utamakan ialah bahasa,karna kita memang di tuntut berbicara sambil bekerja.sisi yang lainnya ialah kalau kerja di genba(lapangan)hari libur nasional dan hari libur lainnya sudah pasti di liburkan.



                 Nah menurut saya inilah sisi baiknya kerja di lapangan ,jadi bagi teman-teman yang akan bekerja di jepang,kalau bisa mental dan fisiknya di persiapkan dengan baik.
               Sekian curhatan dari saya untuk topik ini.kalau teman-teman punya pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda di artikel ini.
Kalau anda sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk di share.terimakasih

Comments