unggulan

BANTUAN PEMERINTAH JEPANG DI BULAN 6 TAHUN 2024

Sticker kendaraan di Jepang

Hai! Apakah Teman-teman pernah melihat tanda sticker-sticker pada foto ini?




Ini adalah sticker yang dipasang pada kendaraan dan memiliki arti masing-masing lho. Yuk kita simak satu per satu :)

Sticker pertama disebut 初心運転者標識 (しょしんうんてんしゃひょうしき/shoshin untensha hyoushiki), namun lebih populer dengan sebutan 若葉 (わかばマーク atau wakaba ma-ku/green leaf mark). Arti sticker ini sendiri dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan dengan "tanda pengemudi baru".

Melihat artinya, Teman-teman mungkin bisa memperkirakan bahwa sticker ini ditempel di kendaraan yang dikemudikan oleh pengemudi yang baru mendapat SIM. Sticker ini wajib ditempel di bagian depan dan belakang kendaraan selama satu tahun sejak pengemudi memperoleh SIM mereka, namun bisa saja ditempel lebih lama jika si pengemudi menginginkan demikian :)

Sticker ini juga populer di luar Jepang, dan penggunannya secara informal tidak terbatas pada kendaraan saja. Mungkin ada di antara Teman-teman yang pernah melihat tanda ini di permainan atau video game? Yep, tanda ini digunakan untuk menandai level permainan untuk tingkat mudah atau pemula :)

Sticker kedua disebut 高齢運転者標識 (こうれいうんてんしゃひょうしき/kourei untensha hyoushiki), di mana tanda kedua menggantikan tanda pertama pada tahun 2011, populer dengan sebutan koreisha mark (tanda lansia). Tanda ini disarankan untuk dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bagi pengemudi berusia 70 tahun ke atas, dan perlu dipasang di kendaraan dengan pengemudi berusia di atas 75 tahun. Selain di kendaraan, tanda ini juga bisa ditemukan di tempat parkir sebagai penanda bahwa tempat parkir dimaksud hanya boleh diisi dengan kendaraan yang memiliki sticker yang sama :)

Sticker ketiga disebut 身体障害者標識 (しんたいしょうがいしゃひょうしき/shintai shougaisha hyoushiki), dan ditempel pada kendaraan di mana pengemudinya memiliki keterbatasan gerak. Karena bentuknya yang mirip daun clover atau daun semanggi, maka sticker ini memiliki nama populer "yotsuba mark" :) (yotsuba = clover).

Sticker terakhir adalah 聴覚障害者標識  (ちょうかくしょうがいしゃひょうしき/choukaku shougaisha hyoushiki), dan ditempel pada kendaraan di mana pengemudinya memiliki keterbatasan pendengaran. Ada yang mengatakan bahwa kedua sayap kupu-kupu merepresentasikan telinga :)

Oia, jika pengemudi kendaraan lalai tidak menempelkan sticker-sticker ini, maka pemilik SIM harus membayar denda sebesar 4000 yen dan akan kehilangan 1 poin untuk SIM mereka (perkecualian denda dan pengurangan poin bagi sticker yang diperuntukkan untuk lansia dan pengemudi yang memiliki keterbatasan gerak).

Denda juga diberlakukan bagi pengemudi lain jika memotong kendaraan yang ditempel sticker-sticker ini lho! Mereka akan didenda antara ¥5000_¥7000yen (tergantung kendaraan memotong dari sisi mana), serta akan kehilangan satu poin SIM mereka. 

Apakah Teman-teman pernah melihat sticker-sticker di atas? :)

Comments